Kamis, 11 Desember 2014

KONTROL DIRI DAN HUSNUZAN SERTA TIPS MENYEMBUNYIKAN GALAU JIKA SULIT MENGATASINYA

   Gue jadi ingat ujian agama kamis lalu , soal essay nomor 2 dan nomor 3 yang pertanyaannya singkat , tapi khusus nomor 2 isinya panjaaaaaaaang banget sampe bar yg tersedia buat jawab essay habis ! Yeah , tanpa sadar Gue menuliskan keperibadian Gue yang dianggap aneh bagi orang banyak. Gimana enggak ? Kalo orang difitnah langsung menyerang orang yg memfitnah , sedang Gue mah , dibawa senyum dan berkata "Mereka salah menilaiku" . Kalo orang Gue titip amanah yang dia malah mengecewakan karena hal yang terduga , Gue bawa dia bercanda , ketawa bareng , sambil bilang "Forget it! That's isn't your mistakes!" Apalagi kalo dia emang sengaja buat mancing emosi Gue , Gue bilang "Gue ga bisa ga memaafin salahmu". 
    KONTROL DIRI . Kaya'nya Gue jadi filosofer begitu menjawab soal yang isinya : Apa yang kamu ketahui tentang kontrol diri ? Gimana kagak ? Gue menjawab gini (hebat , kan ? Gue hapal semua isi jawaban Gue yang panjaaaang sepanjang sungai Nil !) Kotrol diri itu misalnya : saat ada orang terdekat yang menghina ( misal dari bako) , saya tersenyum tulus tanpa merasa tersakiti karena saya memang g bisa membalas dengan kemarahan . Saat ada orang yang membuat sakit hati , saya menganggap itu hal biasa yag dilakukan manusia (kesalahan) . Saat ada orang yang memaki (selain mama dan papa ! Saya takut jadi durhaka !!!) , saya tersenyum dan tertawa sambil berkata " kamu lucu kalo memaki orang ga berketentuan" . Hal lain yang saya ketahui tentang kontrol diri : Ketika ada masalah sebaiknya dinikmati dengan senyuman tulus karena HIDUP TANPA MASALAH ibarat FILM ACTION TANPA ADEGAN BAKU HANTAMnya , dan jika menggunakan akal dan usaha untuk menyelesaikannya , maka akan terasa betapa indahnya hidup tanpa emosi negatif yang jelek dan buruk bagi kita. --Prima Rahma Kharisma--
    HUSNUZAN . dalam syara'  arttinya berbaik sangka dan termasuk akhlakul karimah . Lagi lagi Gue jadi filosofer walau jawabannya cuma 4 baris (itu masih termasuk panjang , keleusss) yang soalnya: Apa yang kamu ketahui tentang husnuzan ?  Gue menjawabnya lagi lagi ga sadar menuliskan kepribadian Gue sendiri ! Ketika orang lain dititip amanah namun dia mengingkarinya karena hal yang tak terduga , saya mengajaknya bercanda , bersebda gurau , dan tertawa mengajaknya melupakan kesalahannya sejenak sambil berkata "itu bukan salah siapun, Gue ga marah , koq..." karena saya bukan INDIGO yang bisa melihat kejadian 5 menit setelahnya.
     Yeah , lucu juga sih , jawabannya  . Tapi Gue ga taulah , kira kira apa penilaian Bu Nursiah ( Guru mapel Agama & BK sekaligus wali kelasku) mengenai jawabanku ini . Tapi ada hal lain yang perlu dibahas mengenai posting ini. Seorang filosofer dari Prancis ( yang Gue ga ingat namanya!!! Mohon beritahu jika anda tahu !) mengatakan : orang yang bisa mengalahkan amarahnya sama denagn mengalahkan satu kota .  Gue jadi merasa paling kuat karena salah satu sifat Gue yang kadang dimanfaatkan orang lain demi kepentingannya . Jujur , sebenernya Gue ga bisa marah walau tensi Gue kadang suka naik . Gue baru bisa marah kalo orang lain menjelek jelekan Mamaku dengan sebutan yang engga engga dengan menyakiti diriku sendiri. Jangan anggap aneh , Gue cuma ga pengen marah marah ga berketentuan sama orang yang sebenernya ga tahu apa apa soal Mama , ga tahu siapa Mamaku sebenernya. Cuma Gue dan Oma Opa yang mengerti Mama, tak lain karena Gue anak tunggal yang jauh lebih dekat dengan Mama dan mereka adalah orangtua yang sangat dekat dengan Mama . 
      Amarah udah , tapi masalah GALAU yang belum... Yah , yang satu ini kaya'nya sulit diatasi , tapi bisa disembunyiin. Orang pikir api mereka ga tau kalo Gue juga  ANAK MUDA yang bisa galauu seperti yang lain... Cuma Gue kasih tips buat menyembunyikan rasa galau itu :
* Keep Smile
=> Tetap tersenyum walau sulit buat tersenyum . Sebab , dengan tetap tersenyum atau melihatkan kebahagiaan , minimal orang pikir kita baik baik aja

 * Jangan mendengar lagu yang bertema GALAU
=> Tuh , kan ! Ketahuan kalo kalian suka denger lagu GALAU . Sekilas info , genre lagu Gue METAL , PROGRESSIVE HOUSE MUSIC atau HIP HOP METAL . Gue suka denger lagu yang iramanya MENGHENTAKKAN BUMI dibanding irama yang MEMBAWA MASUK KE DALAM BUMI. Karena ketiga genre lagu itu , Gue keliatan semangat terus. Cuma kalo Gue baru bangun tidur setelah tertidur panjang selama setahun yang sama dengan semalam di dunia ( lebbayyy!) baru ga muncul semangatnya! 

* Banyak minum air putih
=> Nah, ini apa urusannya ??? Orang bisa kehilangan konsentrasi karena kurang minum. Jadi hubungannya : kalo hati galau jangan ditambah lagi denagn pikiran galau ! 

* Ikuti kegiatan lain yang menurutmu menyenangkan
=> Misalnya bekerja sampingan seperti yang Gue lakukan sepulang sekolah  . Tujuan lain selain mencari uang juga sebagai pelampiasan atau tempat melupakan semua kegalauan. Atau bisa juga main skateboard , main sepeda sambil mempelajari gaya freestyle , mempelajari breakdance , dan lain lainnya. Jika dilakukan dengan sepenuh hati , INSYAALLAH rasa galau itu ga cuma tersembunyikan , tapi juga berkurang dengan sedirinya.




___________________________ P#03N1X 3UF4ND10 C#UCKY___________________________
___________________________ PRIMA RAHMA KHARISMA _____________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar