INPUT
1.Keyboard
è keyboardadalahpapanketik
yang berfungsisebagai media interaksiantara user denganmesin.
Merupakansebuahpapan yang terdiridaritombol-
tomboluntukmengetikkankalimatdansimbol-simbolkhususlainnyapadakomputer.
Keyboard dalambahasa Indonesia artinyapapantomboljariataupapantuts.
2. Mouse
=>Penunjuk
(pointer) yang dapatdigerakkankemanasajaberdasarkanarahgerakan bola kecil yang
terdapatdalam mouse. Mouse memiliki sensor untukmengetahuikemanaarah yang
dikehendakiolehpemakainya Sensor inidiantaranyaadalahmelalui bola dancahaya.
3.Pirantimasukanberupatongkat,
yang menangkapgerakan-gerakandinamis, danmengubahgerakantersebutmenjadi data
untukdiolaholehkomputer. Joystick disebutjugapenggerakpenunjuk. Joystick
biasanyadigunakansebagaialatpermainan( game ).
4.
Scanner banyakdigunakanuntukmemindaigambar ,tulisan , atauobjekbendakedalam
format elektroniksehinggadapatdiolahkomputer .
scannerakanmengukurcahayauntukmemperoleh image. Umumnyakualitas scanner
dilihatpadakualitasgambar yang dihasilkannya.
Output
1.
Monitor /Screen Monitor
merupakansaranauntukmenampilkanapa yang kitaketikkanpadapapan keyboard
setelahdiolaholehprosesor. Monitor disebutjugadengan Visual Display Unit (VDU)
Media output
untukmenampilkan/memperlihatkaninformasisehinggadapatdibacadandiketahuiolehmanusia.
2.
Printer.
Istilahiniumumdigunakanuntukpencetakkarakterataugambarkesuatu media
(sepertikertas). Printer mempunyaisatuankecepatanyaitu CPS ( character per
second ) , LPM ( line per minute ) , atau PPM ( pages per minute ). Printer ada
yang dapatmencetakdalamwarnadanadaygtidak.
3.
LCD
proyektorberfungsiuntukmenampilkangambarhasildaripemprosesan data. Hanyasaja
LCD membutuhkanperangkat lain yang dapatmenerima data & program tersebut
.mediumnyalebihbaikberwarnaputihdanberbidangdatar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar